Makan Makanan Sehat Berlebihan Membuat Tidak Sehat

Ternyata Makanan Sehat yang Berlebih Justru Tidak Baik

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Makanan yang memenuhi kriteria semacam ini lebih dikenal dengan sebutan empat sehat lima sempurna.

Gaya hidup sehat tentunya harus didukung dengan makanan yang juga sehat, tapi sayangnya nggak semua makanan sehat itu sehat kalau cara konsumsinya tidak tepat

Gaya hidup sehat memang sedang menjadi trend akhir-akhir ini. Banyak restoran-restoran yang menawarkan menu-menu sehat atau menu vegetarian. Masyarakat juga mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh, mulai dari olahraga sampai mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang dipercaya menyehatkan.

Di bawah ini contoh makanan sehat yang sudah memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna

  1. Karbohidrat banyak terkandung pada nasi, gandum, singkong dan lainnya.
  2. Protein banyak terkandung pada daging, ikan, telor, tahu, tempe dan lainnya.
  3. Mineral banyak terkandung pada sayur-sayuran
  4. Vitamin banyak terkandung pada buah-buahan.
  5. Susu

Sebagian ahli gizi mengelompokkan makanan sehat menjadi empat.

  1. Makanan pokok
  2. Lauk pauk
  3. Sayur
  4. Buah

Mungkin kita melupakan hal di mana saat kita menjalani hidup sehat kita tidak diberi kesempatan untuk bersenang -senang. Gaya hidup sehat saat ini memang sudah disadari oleh sebagian orang. Dengan sadar akan kesehatan mereka pun berbondong-bondong untuk mengganti rak makanan mereka. Yang tadinya rak tersebut berisi cokelat, keripik, serta camilan tak sehat, diganti dengan buah, minyak kelapa, dan bahan herbal lainnya.

Beberapa ahli gizi menyebutkan, menghitung kalori dan nutrisi merupakan cara yang jauh lebih masuk akal namun bukan berarti jumlah makanan yang kita makan tidak penting. “Semuanya bisa ‘tidak sehat’ jika dikonsumsi berlebihan; bahkan air! ” jelas ahli gizi spesialis Nichola Ludlam-Raine dari Nutrisi Nic  kepada The Independent.

Langkah yang baik yakni mengetahui ukuran porsi makan kita.

“Ada hari dimana kita makan terlalu banyak dari biasanya, tapi secara umum hal ini membantu kita untuk mengetahui ukuran porsi makanan yang berbeda, ” kata ahli nutrisi Harley Street, Rhiannon Lambert  kepada The Independent.

Lemak mengandung lebih dari dua kali jumlah kalori per gram sebagai protein dan karbohidrat. “Mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan harian Anda secara teratur akan menghasilkan penambahan berat badan dan meskipun kita harus mendapatkan 30 persen kalori dari lemak, penting untuk tetap memperhatikan ukuran porsi yang disarankan,” kata Ludlam-Raine

Hal lain yang perlu dicatat, bagaimanapun porsi makan dapat bervariasi tergantung seberapa aktif kita.

Sehingga tidak ada ukuran ketat yang sesuai dengan peraturan.

“Jika Anda secara fisik aktif setiap hari, Anda perlu memberi energi pada tubuh Anda dengan energi tambahan,” kata Lambert, yang buku terbarunya Re-Nourish: A Simple Way To Eat Well is out now.

Ini bukannya untuk meyalahkan makanan seperti avokad dan selai kacang namun kita hanya perlu menyadari berapa banyak porsi yang kita makan.

Jika kita khawatir dengan ukuran porsi makan kita, cobalah untuk meminta saran dari ahli gizi.

Mungkin kamu juga salah satu orang yang sangat memperhatikan kesehatan. Tidak salah memang, tapi tahukah kamu bahwa beberapa makanan yang kamu kira menyehatkan ternyata justru memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan? Supaya kamu nggak kebablasan dalam mengkonsumsinya, ini dia beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya:

 

Ikan

Kata orang makan ikan itu menyehatkan, dan memang benar tapi beberapa jenis ikan justru tidak baik jika dimakan berlebihan. Seperti ikan salmon, tuna, dan sarden yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga akan membuat berat badanmu semakin bertambah.

Apalagi jika kamu sedang melakukan diet protein, ini bisa menyebabkan kamu gagal ginjal dengan mengurangi kalsium dalam tubuh. Jadi, sebaiknya batasi jumlah penyejian makanan sebanyak dua kali seminggu. Karena bagaimanapun juga, tubuh tetap membutuhkan kandungan omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung kamu.

Beberapa makanan tersebut diatas bukan berarti tidak boleh dikonsumsi, kamu bisa menikmatinya secara tidak berlebihan.

Alpukat

Ternyata satu buah alpukat, memiliki kandungan zat asam yang tinggi dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh serta membantu penyerapan nutrisi vitamin A. Lemak yang terkadung di dalam alpukat setara dengan daging cincang lho! Jika kamu suka makan aplukat, sebaiknya cukup satu atau dua kali dalam seminggu dan cukup konsumsi setengah dari buahnya. Jadi, kamu nggak perlu takut naik berat badan!

Wortel

Makanan yang menyehatkan mata ini, ternyata bisa menyebabkan keracunan vitamin A. Salah satu gejalannya adalah warna kulit yang berubah menjadi jingga. Sebaiknya kamu pastikan mengkonsumsi wortel sesuai dengan porsinya, sekitar ¾ gelas dua kali sehari. So, hindari makan wortel setiap hari dalam durasi waktu yang lama jika kamu tidak mau berubah menjadi jingga!

Unsalted nuts

Buat kamu pencinta kacang, coba deh batasi konsumsi kacang-kacanganmu. Meskipun enak dan baik untuk kesehatan, bukan berarti kacang tidak memiliki pengaruh buruk. Kandungan lemak tinggi pada kacang akan mempengaruhi berat badan kamu jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kadar asam yang terdapat pada kacang juga akan menghalangi penyerapan mineral, seperti zat besih dan zinc di dalam tubuh. Dalam sehari kamu cukup mengkonsumsi sekitaer 14 biji kacang atau segenggam tangan saja.

Greek yogurt

Greek yogurt sering skali menjadi pilihan bagi kamu pencinta yogurt, namun sayangnya yogurt ini memiliki banyak kandungan protein dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Jadi sebaiknya kamu membelu yogurt degan ukuran medium dan dengan kadar lemak yang paling rendah. Cukup di konsumsi satu atau dua gelas dalam satu minggu.

Granola

Camilan satu ini, ternyata memiliki kandungan kadar gula yang tinggi. Nggak cuma itu, kadar lemak dan karbohidrat dalam granola juga sangat tinggi. Jika kamu tetap ingin makan, sebaiknya buat sendiri dengan menggunakan oatmeal panggang, dan buah-buahan segar.

 

SUMBER :

http://nova.grid.id/Kesehatan/Diet/Ternyata-Makanan-Sehat-Yang-Berlebih-Justrutidak-Baik-Benarkah?page=3

www.samishare.com/pengertian-makanan-sehat-356

https://kawaiibeautyjapan.com/article/994/bahaya-makanan-sehat-yang-berlebih

 

 

Leave a Reply